preloader

Bunga Berganda (Compound Interest)Blog

Secara singkat prinsip bunga berganda adalah membungakan bunga yang telah didapat.

post-thumb

BY Yongkie / ON Jul 23, 2016

Istilah bunga berganda atau bunga berbunga (compound interest / 复利) telah disinggung di artikel terakhir. Saat ini masih belum ada penjelasan prinsip bunga berganda di Wikipedia dalam bahasa Indonesia. Perbedaan yang sangat kontras bisa kita perhatikan apabila kita membaca artikel compound interest di Wikipedia dalam bahasa Inggris atau bahasa Mandarin. Disana dijelaskan lebih terinci teori bunga berganda. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari efek ini, kecuali penulis blog ini :fa-smile-o:.

Secara singkat prinsip bunga berganda adalah membungakan bunga yang telah didapat. Apabila kita menginvestasi kembali bunga yang didapat maka hasil bunga yang diperoleh tidaklah sama setiap tahunnya. Dalam istilah matematika, bunga yang didapat tidaklah bersifat linear, melainkan exponensial. Contohnya, dengan tabungan awal Rp. 100.000 dan bunga deposito 5%, maka perhitungan bunga berganda:

  • Hasil Tahun ke-1: Rp. 100.000 + Rp. 5.000 = Rp. 105.000
  • Hasil Tahun ke-2: Rp. 105.000 + Rp. 5.250 = Rp. 110.250

Disini kita bisa melihat bahwa bunga yang didapat tidaklah selalu Rp 5000 per tahun. Di artikel ini saya ingin menampilkan secara visual efek bunga berganda. Kita bisa mengisi 5 parameter dibawah ini dan menekan tombol “simulasi” untuk melihat grafik dari hasil efek bunga berganda. Perlu diingat, untuk simulasi deposito, parameter ke-4 harus bernilai 0 (terkecuali Anda bisa memasukan uang ke deposito Anda) dan parameter ke-5 harus bernilai 1 (terkecuali bunga di parameter ke-3 tidak berlaku untuk pertahun).

Kesimpulan

Efek compound interest ini akan sangat menguntungkan di tahun-tahun terakhir. Dari kelima parameter diatas, parameter ke-3 dan ke-4 cukup menarik untuk diperhatikan. Seperti yang kita ketahui, kita tidak bisa mengatur suku bunga suatu produk investasi. Selain itu produk-produk deposito di Indonesia tidak memungkinkan kita untuk memasukan tabungan tambahan secara berkala. (Jika Anda menemukan deposito berkala yang memungkinkan kita mengaktivkan parameter ke-4, maka bagilah informasi tersebut ke kita.) Alternativ produk investasi yang memungkinan kita untuk memainkan peran parameter ke-4 adalah

  1. Menabung di deposito berjangka 1 tahun, dan selalu menambahkan sisa uang yang ditabung di tahun berikutnya.
  2. berinvestasi di bursa saham dengan membeli index fund atau saham stabil dan strategi investasi pasif.

Jadi, menabunglah sedini mungkin dan gunakan tabungan tersebut untuk berinvestasi di produk yang tepat.

Share:
comments powered by Disqus

Berlangganan
buletin