preloader

Online Broker InternasionalBlog

Di artikel saya sebelumnya mengenai penerapan ETF, saya menyarankan untuk tidak hanya membeli ETF Indonesia, akan tetapi juga ETF internasional seperti ETF berbasis Index MSCI World ataupun index MSCI Emerging Market.

post-thumb

BY Yongkie / ON May 02, 2017

Di artikel saya sebelumnya mengenai penerapan ETF, saya menyarankan untuk tidak hanya membeli ETF Indonesia, akan tetapi juga ETF internasional seperti ETF berbasis Index MSCI World ataupun index MSCI Emerging Market.

Nah, sayangnya sampai saat ini tidak ada broker di Indonesia yang menawarkan ETF Internasional. Di internetpun sangat susah untuk menemukan informasi mengenai broker internasional untuk warga negara Indonesia. Contohnya Charles Schwab salah satu broker Amerika yang bagus tidak mau menerima nasabah yang tinggal di Indonesia. Jika Anda mencoba di websitenya dan memasukan Indonesia sebagai tempat tinggal, maka kita akan menerima penolakan seperti gambar dibawah ini:

Untuk itu di beberapa minggu terakhir saya telah melakukan pencarian dan percobaan beberapa online broker internasional yang bisa menerima nasabah Indonesia. Berikut ini ringkasan daftar tabel broker internasional tersebut:

Interactive Brokers TradeStation Just2Trade
Modal minimal 10.000 USD 500 USD 2500 USD
Biaya transaksi 1 USD - 0,5% 5,0 USD 2,5 USD*
Biaya tidak aktiv 10 USD/bulan 50 USD/tahun 15 USD/3bulan
Biaya transfer broker ke bank di Indonesia Penarikan pertama/ bulan gratis, setelah itu 10 USD 35 USD 60 USD
Link biaya lainnya IB TradeStation just2trade

* Biaya transaksi di just2trade menjadi 4 USD apabila total kapital di broker di antara 2.499 - 2.000 USD.

Hal-hal yang perlu diperhatikan: 1. Biaya transfer penarikan dari broker online ke bank Indonesia bisa sangat bervariasi. Cek ulang di bagian other fee dengan istilah Sending Wires - International Account. Umumnya apabila kita mentransfer uang ke broker gratis, tetapi untuk penarikan dikenakan biaya. 2. Cek kondisi kapan akun kita dinyatakan tidak aktiv (inactive fee) dari setiap broker. 3. Ada baiknya apabila Anda bisa mencoba bertransaksi dulu di akun demo apabila tersedia. 4. Untuk permohonan akun baru di TradeStation bukan sebagai warga amerika, kita perlu mengisi formular disini.

Jika Anda ingin berbagi pengalaman dengan broker Anda ataupun mau bertanya, silahkan menulis komentar dibawah ini.

Kesimpulan

Berikut adalah kesimpulan pribadi saya: * Investasi ETF internasional bisa dimulai kapanpun tanpa harus menunggu modal besar. * Interactive Brokers sangat direkomendasikan bagi mereka yang mempunyai modal awal sebesar 10.000 USD, dikarenakan ongkos transaksi di IB adalah yang termurah diantara 4 broker yang lain. * TradeStation menawarkan akun investasi dengan dana awal 500 USD untuk berinvestasi di ETF internasional. * Just2Trade menawarkan akun dengan minimal investasi sebesar 2500 USD dan biaya transaksi yang bagus.


**Informasi broker diatas bisa berubah sewaktu-waktu, sehingga sangat disarankan apabila Anda membaca dengan seksama isi kontrak dengan broker Anda. Saya tidak bertanggung jawab atas perubahan isi website dari link-link external yang disebut diatas. Ingat, investasi ETF bisa berfluktuasi, dan saya juga tidak menanggung kerugian akan kegiatan investasi Anda.

Share:
comments powered by Disqus

Berlangganan
buletin