preloader

Refleksi Akhir Tahun 2018Blog

Seperti halnya dengan kurs saham, pengalaman saya di tahun ini pun juga naik turun dan tidak selalu menemui jalan lurus dan bagus.

post-thumb

BY Yongkie / ON Dec 30, 2018

Di masa liburan ini, saya ingin menyempatkan waktu untuk melakukan refleksi sejenak perjalanan finansial pribadi saya di tahun 2018. Seperti halnya dengan kurs saham, pengalaman saya di tahun ini pun juga naik turun dan tidak selalu menemui jalan lurus dan bagus. Berikut ini adalah refleksi saya secara kronologis:

Bitcoin & Blockchain Hype

Tahun 2018 telah diawali dengan tema super hype, yaitu Bitcoin dan cryptocurrencies. Setelah mempelajari konsep, ide dan source code dari Bitcoin mulai dari Maret 2017 , saya melihat potensi dan menaruh kepercayaan, meskipun juga tercampur dengan rasa keraguan. Perlu diakui juga bahwa keingintahuan saya disebabkan oleh hype dan berita-berita dari internet. Saya sendiri memulai membeli di tahun 2017, didampingi dengan persiapan mental bahwa uang yang saya belikan di Bitcoin bisa hangus total. Jadi aksi pembelian tersebut adalah murni spekulasi, bukan investasi! Akan tetapi saya mempunyai strategi untuk tidak membelikan semua tabungan spekulasi saya sekaligus, akan tetapi dengan membeli secara berkala jika saya mempunyai uang sisa untuk dimainkan dan rela untuk hilang.

Dengan bantuan tabel investasi di Google Sheet saya, saya bisa dengan cepat mensortir jenis investasi, dan menghitung jumlah nilai dari pembelian Bitcoin saya. Saat ini nilai perubahan spekulasi Bitcoin saya sementara ini sebesar -63% dari total akumulasi pembelian. Berhubung saya tidak melakukan jual-beli, maka saya masih belum perlu untuk menghitung keuntungan atau kerugian. Seberapa besar penurunan -63% ini bisa kita bayangkan apabila kita berspekulasi dengan jumlah total Rp. 100.000.000 ke suatu aset, maka uang yang didapat setelah menjual aset tersebut adalah Rp. 37.000.000. Dengan kata lain kita rugi Rp. 63.000.000. Sebagai orang awam, tidak ada yang tahu bagaimana perkembangan nasib Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Yang penting saya tahu dan sadar resiko dari spekulasi ini. Kesalahan yang saya lakukan disini, adalah tidak berhenti membeli sementara disaat kurs melebihi 10.000 USD. Seperti kata Isaac Newton mengenai hukum alam:

What goes up must come down.

Berikut ini grafik perkembangan kurs Bitcoin terhadap mata uang USD yang menarik selama pembelian saya:

Fluktuasi bitcoin

Grafik diatas menunjukan bagaimana volume transaksi di akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 sangat tinggi. Sejalan dengan waktu di tahun 2018, kita bisa melihat volume transaksi yang jauh lebih sedikit dan cenderung transaksi penjualan. Nah, mari kita memperluas periode waktu grafik diatas untuk mendapatkan gambaran perkembangan Bitcoin ini. Catatan: hati-hati untuk tidak menarik kesimpulan yang salah dari grafik ini:

Big picture BTC

Buku Principle

Selain tema diatas, saya juga membaca buku Principle dan mengikuti video-video interview dari Ray Dalio. Di buku tersebut dia menjabarkan prinsip sukses dalam kehidupan dan pekerjaan yang berdasarkan pengalaman pribadinya.

Video-video dia di Youtube menjelaskan tentang sistem perekonomian dan keuangan, juga tentang keadaan perekonomian saat ini, dimana kita mengalami periode 10 tahun pertumbuhan nilai saham global tanpa krisis finansial yang signifikan. Hal ini juga dipengaruhi oleh aksi bank-bank sentral dunia yang terus mencetak uang dan membeli aset-aset saham perusahaan internasional. Yang pasti tidak ada yang bisa meramal kapan akan terjadi krisis besar, kita hanya perlu berwaspada dan jangan takabur.

Tabel G-Sheet untuk menganalisa dan melacak investasi

Di bulan Oktober 2018, saya mengeluarkan tabel perhitungan Google Sheet untuk aset investasi. Tabel ini terdiri dari dua komponen, yaitu tabel Tracker dan Watchlist. Dengan contoh tabel simple ini saya bisa melacak dan menganalisa semua jenis aset investasi saya. Semoga tabel tersebut bisa bermanfaat untuk para pembaca. Saya tidak perlu lagi menginstal apps tambahan di smartphone saya.

TransferWise

Di sepanjang tahun ini saya menggunakan online banking terbaru bernama TransferWise* untuk bertransaksi dari ataupun ke luar negeri. Saya sangat puas dengan fitur dan solusi transparen yang ditawarkan TransferWise*. Bagi pembaca yang melakukan bisnis dan bertransaksi dari atau ke Indonesia, saya bisa sarankan membaca artikel saya. Anda juga bisa membuat akun mata uang asing sehingga Anda bisa langsung mengubah mata uang dan mengirim ke mata uang tujuan.

Positive Habit and Mindset

Secara garis besar, saya masih tetap menjalankan mindset investasi pasif. Dalam hal konsumsi informasi, perlahan saya memulai untuk lebih mengurangi di tahun depan. Juga menjaga emosi dan pikiran apabila melihat ataupun membaca berita investasi di internet atau koran. Mengacuhkan berita investasi mengenai naik turun harga aset akan saya terapkan lebih tegas. Berikut ini adalah kebiasaan dan pola pikir yang akan tetap saya pupuk di tahun depan:

  1. Menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga 2x seminggu dengan rata-rata 1 jam.
  2. Menjaga kesehatan mental. Efek dari meditasi dan kemampuan untuk selalu mengamati perasaan emosional dalam kegiatan sehari-hari bisa saya rasakan dampak positivnya.
  3. Berpikir jangka panjang berlandaskan visi hidup saat ini seingga saya mampu mengacuhkan hal-hal yang tidak penting.
  4. Menerapkan prinsip hidup dan 5 prinsip finansial saya.
  5. Tahu waktu untuk istirahat dan menikmati waktu sejenak dengan keluarga dan teman.

Selamat Tahun Baru 2019!

Share:
comments powered by Disqus

Berlangganan
buletin